Mengatur Sistem Keamanan di Windows 7

Posted: March 22, 2011 in Windows 7

Keamanan merupakan masalah vital yang perlu mendapat perhatian penuh terutama bagi pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan baik lokal maupun internet. Selain itu, penggunaan media penyimpan eksternal seperti flash disk, harddisk eksternal, kartu memori sering kali menjadi sasaran utama dari serangan serta penyebaran virus. Alangkah baiknya jika data di dalam komputer di backup dan system Windows 7 juga di backup. Hal ini dilakukan untuk tindakan awal. Namun penulis sangat menganjurkan jika sistem keamanan di Windows 7 di aktifkan.

 

1. Pengaturan Sistem Keaman Default di Windows

Untuk melindungi komputer dan sistem, pastikan untuk selalu mengaktifkan pengaturan keamanan default Windows seperti berikut ini:

  • Firewall, berfungsi sebagai pelindung komputer yang mencegah masuknya hackers atau program jahat lainnya yang ingin mengakses sistem komputer.
  • Windows Update, berfungsi sebagai aplikasi Windows yang otomatis memeriksa dan menginstal update untuk komputer dan sistem operasi.
  • Virus protection, berfungsi sebagai aplikasi pengaman dan perlindungan komputer dari serangan virus, worm, dan ancaman keamanan lainnya.
  • Spyware and other malware protection, berfungsi sebagai aplikasi yang mencegah masuknya spyware.

Sedangkan untuk pengaturannya dapat dilakukan dengan mengakses fasilitas Action Center. Untuk masuk klik “Start > Control Panel > System & Security > Action Center”.


2. Menginstal Antivirus Pihak Ketiga

Hampir setiap saat jenis dan varian virus baru dibuat dan dikembangkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dampak serta akibat yang ditimbulkan pun beragam tergantung karakter virus dan sasaran utama serangannya. Melihat kenyataan ini, Sahabat dituntut untuk menggunakan software antivirus yang handal dan meng-update definisi virusnya (virus definition) secara berkala guna meningkatkan kemampuannya dalam mengidentifikasi dan memusnahkan serangan virus yang berhasil masuk ke komputer.

Meskipun Windows 7 telah menyertakan Defender sebagai software antivirus yang aktif secara default, masih diperlukan software sejenis lainnya yang umumnya diproduksi oleh vendor pihak ketiga. Biasanya, program antivirus yang ditawarkan bersifat free atau gratis dengan dibatasi tenggang waktu penggunaan, dan versi berbayar yang dapat digunakan tanpa batasan waktu tertentu.

Menurut hasil review dari situs yang beralamat URL http://anti-virus-software-review.toptenreviews.com , sepuluh antivirus terbaik tahun 2009 adalah :

[1] Bitdefender Antivirus (www.bitdefender.com)

[2] Kaspersky Antivirus (www.kaspersky.com)

[3] Webroot Antivirus (www.webroot.com)

[4] ESET Nod32 (www.eset.com)

[5] F-Secure Antivirus (www.f-secure.com)

[6] AVG Antivirus (www.avg.com)

[7] McAfee VirusScan (www.mcafee.com)

[8] G Data Antivirus (www.gdatasoftware.com)

[9] Norton Antivirus (www.symantec.com)

[10] Trend Micro (www.trendmicro.com)

Kriteria penilaian dari hasil review tersebut dilihat berdasarkan kemampuan serta fitur masing-masing antivirus, seperti kecepatan scan, kemampuan mengidentifikasi, kemudahan penggunaan, efektivitas, update, kemudahan instalasi, dan dukungan layanan bantuan yang disediakan.

 

3. Pengaturan Hak Pengguna

[1] Klik “Start > Control Panel > User Account and Family Safety > User Accounts”.

[2] Lalu pada jendela User Account, pilih opsi “Change User Account Control settings”.


[3] Kemudian akan muncul jendela User Account Control settings. Geser slider “Notify” pada tingkatan pengaturan yang diinginkan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang setiap tingkatan pengaturan.

  • Always notify, tingkat keamanan tertinggi yang berarti mengisyaratkan sistem Windows guna menampilkan pesan peringatan berupa verifikasi keamanan untuk setiapaktivitas yang Sahabat lakukan, seperti menginstal software, mengakses fasilitas Control Panel, melakukan pengaturan Windows, dan sebagainya.
  • Default, sistem Windows akan menampilkan pesan peringatan yang berkaitan dengan adanya aktivitas program atau aplikasi yang mencoba membuat perubahan pada sistem komputer. Sebaliknya, pesan tidak akan muncul apabila aktivitas hanya berpengaruh terhadap pengaturan Windows seperti mengubah wallpaper, tema, gadget, dan pengaturan lainnya yang berhubungan dengan interface serta konfigurasi Windows.
  • Notify me only when programs try to make changes to my computer, Windows hanya akan menampilkan pesan peringatan apabila ada program yang mencoba mengubah komputer Sahabat.
  • Never notify, Windows tidak akan pernah menampilkan pesan peringatan untuk setiap aktivitas yang terjadi. Saran penulis, sebaiknya Sahabat tidak memilih opsi pengaturan ini. Namun jika komputer dipakai sendiri dan tidak terkoneksi jaringan lokal atau internet tidak apa-apa, bagi sebagian orang aplikasi ini cukup mengganggu karena akan muncul di setiap melakukan kegiatan pada komputer seperti membuka program.

[4] Jika sudah klik tombol “OK”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s