28 Shortcut Praktis Dalam Menggunakan Windows 7

Posted: March 25, 2011 in Windows 7

Windows 7 menyediakan bermacam tombol shortcut yang dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi kerja Sahabat sehingga menjadi lebih cepat dan praktis. Berdasarkan fungsinya, tombol shortcut dirancang sebagai tombol pintas untuk mengakses file, folder, atau program tertentu secara cepat tanpa harus melalui fasilitas Start Menu. Dalam tulisan kali ini akan dibahas beberapa tombol shortcut yang umum digunakan pada Windows 7. Dari pengalaman penulis semua shortcut ini berfungsi apabila pengaturan Windows masih dalam keadaan default. Apabila sudah diotak-atik atau tweaking sebagian saja yang masih berfungsi.πŸ˜€

  1. Windows + Panah Atas (↑)

    Sahabat bisa memperbesar ukuran jendela aplikasi yang sedang aktif secara cepat dan mudah dengan menekan tombol Windows + Panah Atas (↑) pada keyboard. Tombol ini akn menjadikan jendela tampil dalam ukuran maksimal (Maximize) atau fullscreen.

  2. Windows + Panah Bawah (↓)

    Apabila jendela yang Sahabat buka sudah dalam keadaan ukuran Maximize, dengan menekan tombol Windows + Panah Bawah (↓) maka ukuran jendela aplikasi tersebut akan dipulihkan (restore) dan akan berubah menjadi minimize jika tombol ini ditekan sekali lagi.

  3. Windows + Panah Kiri (←)

    Tombol ini digunakan untuk menggeser jendela ke sebelah kiri layar. Jika Sahabat tombol Windows + Panah Kiri (←) ditekan secara terus-menerus, maka apabila jendela terus bergerak ke arah kiri hingga meninggalkan layar. Selanjutnya, jendela akan muncul kembali di layar melalui sisi sebelah kanan hingga posisinya semula.

  4. Windows + Panah Kanan (β†’)

    Tombol shortcut Windows + Panah Kanan (β†’) ini kebalikan dari tombol shortcut Windows + Panah Kiri (←). Tombol Windows + Panah Kanan (β†’) digunakan untuk menggeser jendela ke sisi kanan layar.

  5. Windows + M

    Apabila Sahabat membuka banyak jendela dalam satu layar, dengan menekan tombol Windows + M maka semua jendela yang aktif akan menjadi tersembunyi (Minimize).

  6. Windows + Shift + M

    Kebalikan dari tombol Windows + M, untuk menampilkan kembali semua jendela aplikasi yang terbuka Sahabat cukup menekan tombol pintas Windows + Shift + M pada keyboard.

  7. Windows + Spasi

    Sahabat bisa melihat desktop tanpa harus menyembunyikan atau menutup jendela aplikasi yang sedang terbuka. Caranya, tekan tombol Windows + Spasi maka semua jendela akan menjadi transparan dan tampilan desktop langsung terlihat di layar monitor Sahabat.

  8. Tombol F5

    Penggunaan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan komputer mengalami β€œkeletihan”. Pengaruh yang bisa Sahabat rasakan seperti kerja Windows menjadi tidak maksimal dan komputer akan terasa lambat. Untuk itu, perlu dilakukan penyegaran kembali dengan cara menekan tombol F5 yang bertujuan agar Windows dapat me-refresh dirinya.

  9. Alt + Tab

    Tombol pintas Alt + Tab digunakan untuk mengakses fitur Windows Flip. Penekanan tombol ini akan memaksimalkan kinerja Taskbar dengan menampilkan gambar thumbnail jendela aplikasi yang sedang aktif. Dengan demikian, ini akan mempermudah dan mempercepat Sahabat untuk masuk ke dalam jendela aplikasi tersebut.

  10. Windows + Tab

    Tombol Windows + Tab berfungsi sebagai tombol pintas untuk mengakses fasilitas Windows Flip 3D yang jika digunakan akan menampilkan desktop secara 3 Dimensi. Windows 7 akan menampilkan semua jendela aplikasi yang terbuka dalam bentuk tumpukan. Tombol inipun dapat digunakan untuk memindahkan urutan tumpukan jendela aplikasi yang diletakkan paling depan.

  11. Ctrl + Shift + Esc

    Selain tombol shortcut Ctrl + Alt + Del, jendela Windows Task Manager dapat ditampilkan menggunakan tombol Ctrl + Shift + Esc. Dengan program ini Sahabat bisa mengetahui aplikasi yang sedang dijalankan, proses yang sedang berlangsung pada komputer, pelayanan pada komputer, aktivitas memori dan prosesor, jaringan yang terhubung dengan komputer Sahabat, dan nama akun pengguna yang sedang aktif.

  12. Windows + Panah Kanan (β†’) + Enter

    Untuk mematikan atau me-shutdown komputer, Sahabat tidak perlu menekan tombol yang ada pada Start Menu. Proses shutdown bisa dipercepat dengan menekan tombol Windows + Panah Kanan (β†’) + Enter .

  13. Windows + β†’ + β†’ + R

    Untuk mematikan dan me-restart komputer dengan cepat, gunakan tombol pintas Windows + β†’ + β†’ + R.

  14. Windows + β†’ + β†’ + S

    Tombol pintas untuk mengubah mode Windows ke posisi sleep atau tidur dapat dengan cepat dilakukan menggunakan tombol Windows + β†’ + β†’ + S. Akhiran S pada rangkaian tombol pintas ini Sleep.

  15. Windows + β†’ + β†’ + W

    Tombol ini digunakan untuk menampilkan daftar akun pengguna yang ada pada komputer (Switch User). Dengan munculnya tampilan akun pengguna, Sahabat bisa dengan mudah mengetahui akun pengguna yang sekang aktif maupun tidak.

  16. Windows + L

    Demi alasan keamanan, komputer yang ditinggalkan untuk sementara waktu dapat dikunci sehingga menyulitkan orang lain untuk mengaksesnya. Tombol pintas Windows + L digunakan untuk mengunci komputer Sahabat secara cepat.

  17. Alt + F4

    Tombol shortcut Alt + F4 merupakan tombol default yang sudah ada sejak versi Windows pertama diluncurkan. Fungsinya untuk menutup jendela aplikasi yang sedang aktif di desktop.

  18. Windows + Home

    Apabila Sahabat membuka banyak jendela dalam satu layar, dengan menekan tombol Windows + Home maka semua jendela yang tidak aktif akan menjadi tersembunyi (Minimize). Dan untuk kembali memunculkan semua jendela pada layar, Sahabat cukup menekan tombolnya sekali lagi.

  19. Windows + Angka

    Tombol ini digunakan untuk membuka program yang ada pada bar Quick Launch di taskbar dengan cepat dan mudah. Sesuai urutannya dari kiri ke kanan, Sahabat cukup menekan tombol Windows yang dipadukan dengan tombol angka. Misalnya, untuk meluncurkan program yang terletak pada deretan pertama atau sisi paling kiri, tekanlah tombol Windows + 1 dan begitu pula seterusnya sesuai jumlah ikon program yang ada di taskbar.

  20. Windows + E

    Sahabat dapat dengan mudah dan cepat membuka jendela Windows Explorer dengan menekan tombol Windows + E.

  21. Windows + R

    Kotak dialog Run dapat langsung ditampilkan dengan menekan tombol Windows + R.

  22. Windows + F

    Dengan menggunakan tombol pintas Windows + F ini, Sahabat langsung diarahkan ke jendela search.

  23. Windows + P

    Tombol ini secara umum digunakan untuk para pengguna laptop. Laptop dapat dengan mudah dihubungkan dengan sebuah LCD proyektor sehingga tampilan pada layar bisa diproyeksikan tempat lain.

  24. Windows + Pause

    Untuk mengetahui segala informasi tentang sistem Windows 7, Sahabat bisa mengaksesnya dengan membuka jendela Control Panel > System and Security > System. Agar mempercepat, tekan tombol Windows + Pause.

  25. Ctrl + A

    Menyeleksi atau membloks teks dirasakan sangat mudah lewat metode klik dan drag menggunakan kursor mouse. Kesulitannya, jika Sahabat harus memblok seluruh teks yang ada pada semua halamn dokumen. Untuk mempermudah, tekan tombol Ctrl + A

  26. Windows + +

    Tombol ini digunakan untuk mengaktifkan Magnifier dan fungsi zoom ini. Dengan fungsi zoom ini, Sahabat bisa memperbesar ukuran tampilan pada layar.

  27. Windows + –

    Tombol ini merupakan kebalikan dari tombol Windows + +. Berfungsi untuk zoom out atau memperkecil layar menggunakan aplikasi Magnifier.

  28. Windows + T

    Tombol ini digunakan untuk memutar urutan ikon aplikasi yang aktif pada Taskbar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s